Gelar Budaya Karya Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Home
  • Berita
  • Gelar Budaya Karya Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Gelar Budaya Karya Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Gelar Budaya Karya Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Masih dalam rangkaian Program Sekolah Penggerak, SMP Muhammadiyah Al Mujahidin mengadakan Gelar Budaya karya siswa bertemakan “Berkebhinekaan Global” pada Jum’at, (20/05/22) di Taman Budaya Gunungkidul. Gelar Budaya ini merupakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 7 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Pagelaran ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan. Bapak Sumarno, S.Pd, MM. selaku perwakilan dari Dinas Pendidikan Gunungkidul, Bapak Agus Mantara, S.IP., M.M. selaku Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Bapak Drs. H. Tamsir, M.Pd. selaku Kepala Majelis Disdasmen PDM Gunungkidul, Bapak Drs. Ngadimin selaku Ketua Komite SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, Ibu Palupi Sri Wijayanti, M.Pd. selaku Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak, serta Bapak/Ibu Guru/Karyawan SMP Muhammadiyah Al Mujahidin.

 

Terdapat beberapa pagelaran budaya yang ditampilkan langsung oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, yaitu bidang seni rupa di bawah bimbingan Ustazah Yunita, seni musik oleh Ustaz Ivanno, seni tari oleh Ustazah Difa, dan prakarya oleh Ustazah Novi. Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Bapak Agus Mantara, S.IP., M.M mencoretkan kuas di atas kanvas tanda resmi dibukanya Gelar Budaya SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. Kemudian dibuka dengan penampilan dari Group Seni Musik yang membawakan Lagu Pelajar Pancasila, dilanjutkan dengan penampilan inti dari Group Seni Tari yang membawakan Tari Ratoeh Jaroe dan Indonesia Kaya, kemudian penutup.

 

Sebagai bukti upaya melestarikan warisan budaya Indonesia, siswa-siswi dapat melakukan berbagai hal. Seni dapat dituangkan melalui rupa, musik, maupun tari. Pameran seni rupa disuguhkan begitu apik dalam satu ruangan. Karya-karya seni rupa milik siswa-siswi SMP Muhammadiyah Al Mujahidin sarat akan makna. Tak hanya lukisan di atas kanvas, batik tulis sebagai hasil Prakarya juga dipamerkan. Terbukti bahwa selain berjiwa islami, siswa-siswi juga memiliki jiwa seni.


“Kami merasa bangga dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Aktualisasi nilai-nilai budaya sebagai kearifan lokal pada era milenial saat ini sejatinya harus dilestarikan. Tentu kami keluarga besar SMP Muhammadiyah Al Mujahidin akan terus berupaya dan berkomitmen dalam upaya bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar,”

Para siswa mengalami proses pembelajaran yang dikemas dalam suatu gelar budaya yang bermakna dalam rangka mewujudkan kemerdekaan dalam belajar. Pagelaran budaya di sekolah merupakan proses belajar untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan bakat melakui gerakan.

 

Pagelaran Budaya kali ini berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. Para guru/karyawan dan siswa-siswi dibuat takjub oleh sajian demi sajian dari setiap pagelaran yang ditampilkan