Pelatihan Kader Taruna Melati 1, Wujudkan Kaderisasi Integratif, Transformatif, dan Kreatif

  • Home
  • Berita
  • Pelatihan Kader Taruna Melati 1, Wujudkan Kaderisasi Integratif, Transformatif, dan Kreatif
Pelatihan Kader Taruna Melati 1, Wujudkan Kaderisasi Integratif, Transformatif, dan Kreatif

Pelatihan Kader Taruna Melati 1, Wujudkan Kaderisasi Integratif, Transformatif, dan Kreatif

PR IPM SMP Muhammadiyah Al Mujahidin mengadakan kegiatan tahunan Taruna Melati 1 pada 21-22 Mei 2022. Diikuti oleh seluruh siswa-siswi program Boarding dan Fullday kelas 7 dan 8. Pengkaderan ini bersifat wajib bagi seluruh siswa, terdapat beberapa siswa kelas 8 yang belum mengikuti Taruna Melati tahun lalu.

Tujuan utama pelatihan kader Taruna Melati adalah untuk melatih kepribadian diri sebagai kader pelajar Muhammadiyah. Bukan tanpa alasan, pengkaderan ini bertujuan juga untuk meneruskan estafet kepemimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau organisasi lainnya. Pelajar Muhammadiyah perlu pemberdayaan agar tidak terjerumus ke arah yang salah.

Tema yang diangkat pada Taruna Melati tahun ini ialah “Mewujudkan Kaderisasi yang Integratif, Transformatif, dan Kreatif dalam naungan Amar Ma’ruf Nahi Munkar”. Dengan tema tersebut diharapkan para kader penerus Muhammadiyah dapat menjadi pelajar berkemajuan yang Intregatif, transformatif, dan kreatif bagi peradaban yang akan datang.

Dengan mengamalkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar sebagaimana slogan Muhammadiyah semenjak pertama kali berdiri. Demikian para pelajar Muhammadiyah yang diperlukan Indonesia untuk meneruskan tampuk kepemimpinan bangsa kedepannya.

Pelaksanaan Taruna Melati berlangsung selama 2 hari, Sabtu-Minggu. Hari pertama diisi dengan penyampaian 4 materi, yaitu keislaman, kemuhammadiyahan, seputar IPM, dan pelajar era digital. Kemudian dilanjutkan pada hari kedua, dilaksanakan outbound yang bertempat di Spot Center Kampus 2 dan penyampaian materi tentang pelajar inklusif.

“Dengan adanya kegiatan Taruna Melati ini, semoga bisa benar-benar melatih kader dan membentuk kepribadian kader yang sesuai dengan amar ma'ruf nahi mungkar.”, pesan PR IPM SMP Muhammadiyah Al Mujahidin.